best friends 4ever in kampuz

best friends 4ever in kampuz
friendship

friendship....

friendship....

Rabu, Mei 05, 2010

LECTURE NOTE
By  Utami Widiasih
DATA
Terdiri dari data kuantitatif maupun data kualitatif. Data kuantitatif dapat merupakan variable yang diskret (jumlah orang) ataupun variable kontinyu (berat badan).
Data dapat dikumpulkan melalui:
- Wawancara
- Quesioner
- Observasi
- Pengukuran
Penyusunan data dapat berupa tabulasi (table) maupun grafis (gambar atau diagram). Tabel dapat berbentuk kolom, kontingensi atau distribusi frekuensi. Diagram dapat berupa diagram batang, polygon, dll.
CARA SAMPLING DATA
Sampel harus mewakili populasi. Metode sampling meliputi:
- Purposif Sampling : Pengambilan sample dengan pertimbangan.
- Sampling Probabilitas Acak : Probabilitas dari anggota sample telah diketahui. Terdapat 2 jenis yaitu Sampling dengan pengembalian dan Sampling tanpa Pengembalian.
- Sampling Probabilitas Terstratifikasi : Populasi yang ada dibagi menjadi beberapa kelompok (grup) yang lebih homogen (strata), dan sample diambil dari setiap grup secara terstratifikasi dan proposional.
- Sampling Klaster : Populasi dibagi dalam beberapa klaster. Misalnya dari Kabupaten ke kecamatan ke Desa sampai RT dan Kepala keluarga.
- Sampling Sistematis : Anggota sample diambil berdasarkan interval waktu atau ruang tertentu. Terdapat dua kelompok yaitu sample GRAB (contoh volume air sungai tidak tergantung debit sungai) dan sample COMPOSIT (contoh volume air sungai yang diambil proporsional dengan debit air).
- Sampling Ganda dan Multipel : jika sampling tunggal dianggap kurang baik, maka dapat dilakukan sampling kedua dengan jumlah sample yang lebih sedikit (sample ganda), bila tetap belum mencukupi maka dilakukan sampling berikutnya (sample multiple). Kesimpulan terhadap populasinya didasarkan atas sample gabungan tersebut.
Kesalahan Sampling dapat terjadi bila Parameter Populasi berbeda dengan Statistik Sampel. Terdapat juga kesalahan NON Sampling karena:
- Populasi tidak didefinisikan sebagaimana mestinya
- Populasi berbeda dari Populasi yang diinginkan
- Metodologi Pengukuran tidak dirumuskan secara baik
- Responden tidak memberikan jawaban yang sebenarnya
- Model penelitian tidak menggambarkan fenomena yang diteliti
- Kesalahan mencatat data
- Kesalahan mentabulasi dan menghitung

1 komentar: