best friends 4ever in kampuz

best friends 4ever in kampuz
friendship

friendship....

friendship....

Senin, April 26, 2010

Demi lovato I love U

Suaranya bagus bgt,,,,
this is me...

GLOSARIUM

GLOSARIUM
1. Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Badan Standar Nasional Pendidikan yang disingkat BSNP adalah badan mandiri dan independen yang bertugas mengembangkan, mamantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar nasional pendidikan.
3. Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
4. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
5. Kerangka dasar kurikulum adalah rambu-rambu yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya pada setiap satuan pendidikan.
6. Kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
7. Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
8. Kompetensi adalah kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik.
9. Standar Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; Standar Kompetensi Lulusan meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau seluruh kelompok mata pelajaran.
10. Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik pada setiap kelompok mata pelajaran yang mencakup kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika dan jasmani, olahraga dan kesehatan.
11. Standar Kompetensi Mata Pelajaran adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu.
12. Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester; standar kompetensi terdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara nasional.
13. Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.
14. Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk mencapai standar kompetensi lulusan serta kemampuan lainnya dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik.
15. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik, materi pembelajaran, pendidik dan lingkungan.
16. Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang didesain oleh pendidik untuk menunjang pencapaian tingkat kompetensi dan atau kemampuan lainnya pada kegiatan tatap muka. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik. Penugasan terstruktur termasuk kegiatan perbaikan, pengayaan, dan percepatan
17. Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang didesain oleh pendidik untuk menunjang pencapaian tingkat kompetensi mata pelajaran atau lintas mata pelajaran atau kemampuan lainnya yang waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.
18. Sistem Paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan yang dimaksud.
19. Sistem Kredit Semester (SKS) adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya menentukan sendiri beban belajar dan matapelajaran-matapelajaran yang diikutinya setiap semester pada satuan pendidikan yang dimaksud.
20. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
21. Permulaan tahun ajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun ajaran pada setiap satuan pendidikan.
22. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun ajaran pada setiap satuan pendidikan.
23. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh matapelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
24. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum (termasuk hari-hari besar nasional), dan hari libur khusus.
25. Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok yaitu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kewarganegaraan dan kepribadian; ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika; jasmani, olahraga dan kesehatan.

The lemur glider

The lemur glider
Orden Dermoptera Dermoptera Order
Estos animalitos son naturales del Asia. Hewan ini asli dari Asia. Los encontramos en las Filipinas y las islas malayas de Borneo, Java y Sumatra. Mereka ditemukan di Filipina dan Malaysia pulau Kalimantan, Jawa dan Sumatra. Se distinguen por tener una membrana cutánea entre las extremidades que les sirve de paracaídas. Dibedakan dengan memiliki membran antara kulit kaki yang berfungsi sebagai parasut. Usando este desarrollo de su evolución se lanzan de un árbol a otro, planeando en el aire con gran facilidad. Dengan perkembangan ini dalam evolusinya dilepaskan dari satu pohon ke pohon lain, melayang di udara dengan mudah.
c. Infraclassis Eutheria
Ordo Insectivora
Mangsa utama anggotanya adalah insekta, tetapi kadang-kadang juga memangsa invertebrata kecil seperti cacing. Pada jenis akuatik juga memangsa ikan dan amphibia. Insectivora adalah Eutheria paling primitif dari yang masih hidup. Matanya tidak begitu berkembang, telinga kecil, memiliki moncong yang panjang dan meruncing. Hewan ini bejalan pada seluruh telapak kaki (plantigrade). Distribusinya sangat luas, hampir di seluruh dunia, kecuali di kutub dan Australia.
Contohnya: Suncus murinus.

Suncus murinus Cynocephalus variegatus
Ordo Dermoptera.
Memiliki selaput kulit diantara tungkai depan dan belakang sampai ekor, sehingga dapat melayang.
Contohnya : Cynochepalus variegatus (kubung).

Ordo Chiroptera.
Anggota ordo ini adalah Mammalia yang benar-benar dapat terbang. Terbagi menjadi dua subordo yaitu: Megachiroptera (pada umumnya pemakan buah-buahan) dan Microchiroptera (pada mumnya pemakan serangga). Sayapnya merupakan pelebaran kulit di samping tubuh, diantara anggota badan cranial dan caudal, diperkuat oleh jari anggota badan cranial yang memanjang. Pada Megachiroptera selaput tersebut berakhir pada anggota badan caudal, ekornya tidak diliputi selaput, pada Michrochiroptera selaput tersebut sampai ekor.
Di Indonesia terdapat 215 spesies kelelawar atau 20% dari kelelawar yang sudah dikenal di dunia. Beberapa spesies kelelawar hidup di sekitar pemukiman manusia, tetapi sebagian besar hidup di hutan. Binatang ini banyak sekali manfaatnya bagi manusia, antara lain sebagai pemencar biji buah-buahan, penyerbuk bunga tumbuhan bernilai ekonomi tinggi seperti petai dan durian, pengendali hama serangga di daerah pertanian dan penghasil pupuk guano.
Contohnya : Pteropus vampyrus Linnaeus 1758 (Kalong kapuk).
Merupakan anggota Pteropus yang berukuran paling besar dengan warna dada dan perut seperti warna punggung yang hitam, bahu (mantel) coklat kekuningan, membran antarpaha tidak tumbuh di tengah, rigi palatum 5+5+3 atau 5+5½ atau 6+3, betis bagian atas tidak berambut, basal ledge belakang pada geraham tidak tumbuh. Distribusinya: Thailand, Filipina, Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan Nusa tenggara.

Colugos adalah arboreal meluncur mamalia yang ditemukan di Asia Selatan-timur . Formerly known as flying lemurs , there are just two species in a single genus , which makes up the entire family Cynocephalidae and order Dermoptera . Sebelumnya dikenal sebagai lemur terbang, hanya ada dua spesies dalam satu genus , yang membuat sampai seluruh keluarga Cynocephalidae dan ketertiban Dermoptera. Although they are the most capable of all mammal gliders, they cannot actually fly, and they are not lemurs (which are primates ). Meskipun mereka yang paling mampu semua glider mamalia, mereka tidak bisa benar-benar terbang, dan mereka tidak lemur (yang primata ).

Colugos are fairly large for a tree-dwelling mammal: at about 35 to 40 cm in length and 1 or 2 kilograms in weight, they are comparable to a medium-sized possum or a very large squirrel . Colugos cukup besar untuk tinggal mamalia pohon: di sekitar 35 40 cm panjang dan 1 atau 2 kilogram dalam berat badan, mereka sebanding dengan menengah pura atau yang sangat besar tupai . They have moderately long, slender limbs of equal length front and rear, a medium-length tail, and a relatively light build. Mereka telah agak panjang, tangan dan kaki langsing panjang yang sama dan depan belakang, ekor panjang menengah, dan membangun relatif ringan. The head is small, with large, front-focused eyes for excellent binocular vision, and small, rounded ears. Kepala kecil, dengan besar,, telinga mata depan difokuskan untuk penglihatan binokuler sangat baik, dan kecil bulat.

Their most distinctive feature, however, is the membrane of skin that extends between their limbs and gives them the ability to glide long distances between trees. Fitur yang paling khas mereka, bagaimanapun, adalah membran kulit yang membentang antara kaki mereka dan memberi mereka kemampuan untuk meluncur jarak jauh antara pohon-pohon. Of all the gliding mammals, the colugos have the most extensive adaptation to flight. Dari semua mamalia meluncur, yang colugos punya adaptasi yang paling luas untuk penerbangan. Their gliding membrane, or patagium , is as large as is geometrically possible: it runs from the shoulder blades to the fore-paw, from the tip of the rear-most finger to the tip of the toes, and from the hind legs to the tip of the tail; even the spaces between the fingers and toes are webbed to increase the total surface area. meluncur membran mereka, atau patagium, adalah sebagai besar seperti geometris mungkin: ini berjalan dari bahu ke kaki-depan, dari ujung jari yang paling belakang ke ujung jari kaki, dan dari kaki belakang ke ujung ekor, bahkan ruang antara jari tangan dan kaki yang berselaput untuk meningkatkan luas permukaan total.

They are surprisingly clumsy climbers. Mereka adalah pendaki mengherankan canggung. Lacking opposable thumbs and not being especially strong, they proceed upwards in a series of slow hops, gripping onto the bark of trees with their small, sharp claws. Kurang jempol opposable dan tidak sangat kuat, mereka melanjutkan ke atas dalam serangkaian lambat hop, mencengkeram ke kulit pohon-pohon yang kecil, cakar tajam. They are as comfortable hanging underneath a branch as sitting on top of it. Mereka adalah sebagai cabang bawah tergantung nyaman sebagai duduk di atasnya. In the air, however, they are very capable, and can glide as far as 70 metres from one tree to another with minimal loss of height. Di udara, namun mereka sangat mampu, dan dapat meluncur sejauh 70 meter dari satu pohon ke pohon lain dengan kerugian minimal tinggi.

Colugos are shy, nocturnal , and restricted to the tropical rainforests of Southeast Asia. Colugos pemalu, malam hari , dan dibatasi ke tropis hutan hujan Asia Tenggara. In consequence, remarkably little is known about their habits. Karena itu, sangat sedikit yang diketahui tentang kebiasaan mereka. They are certainly herbivores, and are thought to eat mostly leaves, shoots, flowers and sap, and probably fruit as well. Mereka adalah herbivora tentu, dan diduga kebanyakan makan daun, tunas, bunga dan getah, dan mungkin buah juga. They have well-developed stomachs capable of extracting nutriment from leaves. Mereka memiliki perut yang dikembangkan dengan baik mampu makanan yang dari daun penggalian.

There are two species, the Malayan Colugo being the larger and more common of the two. Ada dua jenis, yang Colugo Malayan menjadi lebih besar dan lebih umum dari dua.
• ORDER DERMOPTERA ORDER DERMOPTERA
o Family Cynocephalidae Keluarga Cynocephalidae
 Malayan Colugo, Cynocephalus varigatus Melayu Colugo, varigatus cynocephalus
 Philippine Colugo, Cynocephalus volans Filipina Colugo, volans cynocephalus
o No other families Tidak lain keluarga
Both species are threatened by habitat destruction, and the Philippine Colugo is classified as vulnerable. Kedua spesies yang terancam oleh perusakan habitat, dan Filipina Colugo diklasifikasikan sebagai rentan. In addition to the ongoing clearing of its rainforest habitat, it is hunted for its meat and fur. Selain pembersihan berlangsung dari habitatnya hutan hujan, itu diburu untuk daging dan bulu. It is also hunted by the gravely endangered Philippine Eagle : some studies suggest that colugos account for 90% of the eagle's diet. Hal ini juga diburu oleh terancam serius Eagle Filipina : beberapa studi menunjukkan bahwa colugos merupakan 90% dari elang diet. It is not known how the diurnal eagles catch so many of the nocturnal colugos, which are thought to spend the greater part of the day curled up in tree hollows or hanging inconspicuously underneath a branch. Tidak diketahui bagaimana elang diurnal menangkap begitu banyak colugos malam hari, yang diperkirakan menghabiskan sebagian besar hari meringkuk di cekungan pohon atau tergantung mencolok di bawah cabang.

Although they are placental mammals, colugos are almost marsupial -like in their breeding habits. Walaupun mereka plasenta mamalia, colugos hampir berkantung -kebiasaan seperti di peternakan mereka. The young are born after just 60 days of gestation in a tiny and undeveloped form, and spend their first six months or so of life clinging to the mother's belly. Orang-orang muda yang lahir setelah hanya 60 hari kehamilan dalam bentuk kecil dan belum berkembang, dan menghabiskan enam bulan pertama atau lebih hidup menempel di perut ibu. To protect them and transport them she curls her tail up to fold the gliding membrane into a warm, secure quasi-pouch. Untuk melindungi mereka dan transportasi mereka bahwa dia ikal ekornya sampai melipat membran meluncur ke dalam, kantong aman kuasi-hangat. Breeding is fairly slow as the young do not reach full size until they are two or three years old. Pembiakan cukup lambat sebagai muda tidak mencapai ukuran penuh sampai mereka dua atau tiga tahun.

MAMALIA
Mamalia merupakan kelompok tertinggi derajatnya dalam kerajaan hewan. Sebutan mamalia berdasarkan adanya kelenjar mamae pada hewan betina untuk menyusui anaknya yang masih muda.mamalia hidup di berbagai habitat muai dari kutub sampai daerah ekuator, dari laut sampai hutan lebar dan gurun pasir. Banyak yang hidup scara nokturnal danjuga ada yang secara diurnal.
CIRI-CIRI KHUSUS
1. Tubuh biasanya diliputi bulu atau rambut yang lepas secara periodik. Kulit banyak mengandung kelenjar, yaitu kelenjar sebacius, keringat, bau, dan susu.
2. Cranium (tulang tempurung kepala) memilki 2 occipitale condyle;vertebrae leher biasanya terdiri atas 7 ruas, ekor biasanya panjang dan dapat digerak-gerakkan.
3. Regio nasalis (bagian dari hidung) umumnya silindris;mulutnya mengandung gigi (jarang tidak terdapat) yang tertanam dalam kantong (alviola).
4. Memiliki 4 anggota atau kaki (kecuali anjing laut dan singa laut tidak memiliki kaki belakang); masing-masing kaki kurang lebih memiliki 5 jari yang bermacam-macam yang disesuikan dengan keperluan berjalan, lari, memanjat , membut lubang, bernang dan meloncat, jari-jari berkait tanduk atau berkuku atau berteracak dengan bantalan-bantalan daging.
5. Cor (jantung) sempurna terbagi atas 4 ruangan (2 auricula dan 2ventricula);hanya arcus aorticus sinistrum masih ada;eritrosit tidak berinti biasanya bulat.
6. Pernafasannya hanya dengan pulmo (paru-paru), laring mempunnyai tali suara;memiliki memisahkan pulmo dan cor dengan rongga abdominalis.
7. Memiliki vesica urinaria;hasil ekskesi berupa cairan urine
8. Memilki 12 nervi cranialis;otak berkembang baik;kedua cerblum dan cerebelum besar.
9. Shu tubuh tetap (homoiothermis)
10. Pada hewan jantan memiliki alat kopulasi berupa penis;testis umumnya terdapat dalam scrotum yang terletak di luar abdomen. Fertilisasi terjadi di dalam;telur bisanya kecil tanpa cangkok dan tinggal dalam uterus untuk tumbuh selanjutnya;memilki membrana embrionica (amnion, chorion, dan allnthois); biasanya memilki plasenta yang menghubungkan embrio dengan dinding uterus untuk nutrisi dan respirasi;anaknya diasuh setelah lahir dan disusui.
STRUKTUR DAN FUNGSI
Bentuk tubuh bermacam-macam dibungkus oleh kulit yan berbulu atau berambut dan terdiri atas : caput, serviks, dan truncus. Terdapat empat ekstremitas liberae maka temasuk tetrapoda.
Pada caput terdapat rima oris yang dibatasi oleh labium superior (bibir atas) dan labium inferior (bibir bawah). Di tengah-tengah terdapat celah dan umumnya di atas abium superior terdapat vibrissae (kumis atau rambut-rambut panjang yang kaku). Di atas mulut terdapat nares yang merupakancelah yang condong. Organon visus memiliki rambut halus, membrana nictitans pindah di pojok dekat hidung dari biji mata atau disebut pilica seminularis. Di belakang organon visus terdapat auriculae atau pina (daun telinga) sebagai corong dari portus acusticus eksterna (lubang telinga luar) yang selanjutnya ke arah pendengar.
Truncus dipisahkan dari caput columna vertebralis cervicalis dan dibagi atas beberapa daerah antara lain : thorax, abdomen, dorsum, glutea, dan pirenium yaitu daerh sempit antara lubang lubang anus dan urogenitalis.
Terdapt glandula mammae ,cauda, dan anus. Di bawah cranialis terdapat urogenitalis. Pada hewan jantan terdapat penis dengan scrotum yang berisi testes sedang pada hewan betina terdapat vulva sebagai celah yang dilapisi oleh labia mayora dan labia minora.
a. Penutup Tubuh
Penutup tubuh berupa kulit lunak dan tipis keculi bagian tertentu mengalami penebalan dan cornifikasi mis telapak kaki hewan tertentu. Pada umumnya seluruh kulit diliputi oleh bulu aatau rambut.terdapat foliculus yang menghasilkan sekresi untuk meminyaki rambut.warna bulu bergantung pada butir-butir pigmen yang terdapat dalam korteks (hitam ,coklat,merah ,dan kuning).
b. Skeleton
Skeleton terbagi atas tulang keras dan tulang rawan pada permukaan sambunga-sambungan; dan bagian tertentu. Bagian fasial terda nostril di sebeah dorsal dan sepanjang orbita sampai tempat biji mata daan disebelah ventral terdapat plat denga tepi tulang rahang atas yang mengandung gigi.di sebelah luar orbita terdapat archus zygomaticus.
Pada permukaan sebelah posterior terdapat lubang foramen magnum.rahang bawah menegandung gigi terdiri atas saebuah tulang yang bersendi dengan tuang aquamosa pada kranium. Vertebrae atau columna vertebralis ersusun sedemikian rupa sehingga lentur sebagai pendukung dan pelindung medula spinalis.
c. Sistem Musculus
Mamalia memiliki segmen muskulus pada vertebrae dan costae lebih sedikit dan bekerja pada kepala, leher, dan ekstremitasnya. Anggota tubuh terproyeksi ke arah ventral. Terdiri atas berbagai sistem musculus yang teratur denga rongga tubuh terdiri atas dua bagian oleh otot daging melintang diafragma yang diliputi oleh peretonium.
Coelom atau rongga tubuh terdiri atas cavum thora calis yang berisi cor dan pulmo dan cavum abdominalis yang berisi visera.
d. Sistem Digesti
Tractus digestivus yang terdiri atas cavum oris yang dibentuk ole atap dan dasar.Terdapat gigi yang terbagi atas dens incivus (gigi seri), dens caninus (gigi taring), premolare (geraham muka), dan molare (geraham belakang).
Kelenjar ludah yang bermuara pada cavum oris adalah sepasang glandulae parotis, sepasang glandulae sub mandibularis, sepasang glandulae sub lingualis, dan sepasang glandulae infra orditalis.
Terdapat esofagus yang merupakan pipa musculus yang sempit sebagai lanjutan faring. Terdapat ventriculus yang merupakan bentuk kantong sebagai lanjutan dari esofagus. Terdapat intestinum (usus) yang merupakan saluran berkelok-kelok tempat penyerapan zat-zat makanan setelah mengalami perombakan yang terakhir berbaai enzim. Kelenjar pencernaan terdiri atas glandulae salivarae (kelenjar ludah), glandula mukosa, hepar (hati), dan pankreas.
e. Sistem Respirasi
Udar masuk ke nares anterior (nostril) terus melalui cavum nasi yang dipisahkan oeh septum nasi menjadi rongga kanan dan rongga kiri. Pulmo berstruktur spon yang elastis masing-masing bagian kanan dan kiri terdiri atas tiga lobi.sebelah luar masing-masing pulmo terdapat selaput pleura terdapat rongga pleura.
f. Sistem Sirkulasi
Sirkulasi darah dalam tubuh adalah tertutup dengan melalui pembuluh-pembuluh daarah dengan cor sebagai pusatnya.darha terdiri atas plasma darah dan butir darah yang berupa sel darah merah, sel darah putih, dan dan keping-keping darah.
Cor terbagi atas 4 ruang yaitu terletak dalam cavum thoraxialis terbungkus oleh kantong perikardium yang terdiri atas 2 lembaran yaitu : lamina panistalis dan lamina viceralis. Peredaran darah terdiri atas sistem vena dan sistem arteri. Limpa berbentuk silindris atau panjang pipih sebagai masa yang berwarna gelap terletak di belakang ventriculus.
g. Sistem Nervorum
Sistem saraf terdiri atas 2bagian yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer. Sebagai pusat adalah otak dan medula spinalis (sumsum tulang belakang). Pada otak terdapat 12 nervi cranialis dandari medula spinalis pada tiap-tiap ruas akan keluar nervi spinalis yang yang memberi persyarafan pada tiap-tiap segmen tubuh ke perifer. Badan-badan atau simpul sistem simpatis terletak di sebelah ventral dari vertebrae.
h. Sistem Ekskresi
Dua buah ren terletak di daerah lumbalis sebelah atas peritoneum.t terdapat vesica urinaria yang terletak di media ventralis dari rectum. Proses pembersihan darah dalam ren adalah proses filtrasi da reabsorbsi selektif.
i. Sistem Reproduksi
Pada hewan jantan terdapat tesstis yang terletak dalam scrotum yang merupakan perluasan kulit ganda dari rongga abdomen di sebelah bawah atau mukaanus. Antara rongga scrotum dan abdomen terdapat saluran penghubung yang disebut canalis inguinalis.dari masing-masing testis sperma dikumpulkan melalui pembuluh epididimis terus ke sauran sperma atau vase defernsia.terdapat dua kelenjar yakni glandulae prostata yang terletak sekitar dasar uretra dan glandulae bulbo urethralis dan glandulae cowperi.
Hewan betina memiliki 2 ovari yang terletak di belakang ren. Terdapat uterus, tuba fallopi, vagina, vesica urinaria, rectum, dan klitoris.





2010/04/18 02:40:40.516 GMT-4 2010/04/18 02:40:40.516 GMT-4
Klasifikasi

Kingdom: Animalia Kerajaan: Animalia
Phylum: Chordata Filum: Chordata
Subphylum: Vertebrata Subphylum: Vertebrata
Class: Mammalia Class: Mamalia
Order: Dermoptera Order: Dermoptera
Members of this Order Anggota Ordo ini
Colugos are strange, medium-sized animals (1-2 kg, approximately the size of a very large squirrel) with a large, well-furred membrane extending from the sides of the neck to the forepaws, and from the forepaws back to the hind feet and end of the tail. Colugos yang aneh, hewan berukuran sedang (1-2 kg, kira-kira seukuran tupai sangat besar) dengan yang besar, baik berbulu membran yang membentang dari sisi leher ke forepaws, dan dari forepaws kembali ke belakang si kaki dan ujung ekor. This membrane allows them to glide long distances (over 100 m) with considerable manueverability. membran ini memungkinkan mereka untuk meluncur jauh (lebih dari 100 m) dengan manueverability cukup. The membrane is covered by brownish or gray pelage with irregular white spots. membran ini dijamin dengan bulu hewan kecoklatan atau abu-abu dengan bintik-bintik putih tidak beraturan. The fore and hind feet have long, needle-sharp claws, useful for holding onto bark and branches. Kedepan dan kaki belakang sudah lama, cakar tajam jarum, berguna untuk memegang cabang dan kulit. The skull of a colugo is very distinctive, broad and flat in outline and with a nearly complete Tengkorak dari colugo adalah sangat berbeda, luas dan datar dalam garis besar dan dengan hampir lengkap postorbital process that sets off the eye sockets. postorbital proses yang menentukan dari soket mata. The tympanic bullae are flattened, and the Para bullae timpani yang datar, dan palate is broad and flat. langit-langit yang luas dan datar. The teeth are relatively small and simple. Gigi relatif kecil dan sederhana. The Itu molars retain the basic tribosphenic pattern, with well developed lophs used in chewing abrasive plant matter. geraham mempertahankan dasar tribosphenic pola, dengan berkembang baik lophs digunakan dalam hal mengunyah tanaman kasar. The first upper incisor is reduced, while the second (outer) upper incisor is caniniform. Yang pertama atas gigi seri berkurang, sedangkan yang kedua (luar) gigi seri atas adalah yg berbentuk taring. The Itu lower incisors form a comb-like structure that is thought to be used both in grooming and in feeding. gigi seri rendah seperti membentuk struktur sisir yang dianggap digunakan baik dalam dandan dan makan.
Colugos are sometimes called "flying lemurs," because of their habit of gliding and the fact that their faces are lemur-like. Colugos kadang-kadang disebut "lemur terbang," karena kebiasaan mereka meluncur dan fakta bahwa wajah mereka adalah seperti lemur. They are not lemurs, however, and they have not achieved real flight (among mammals only bats have attained that distinction). Mereka tidak lemur, bagaimanapun, dan mereka belum mencapai penerbangan nyata (di antara mamalia hanya kelelawar telah dicapai bahwa perbedaan).
Colugos are herbivorous, feeding on fruit, young leaves, and flowers. Colugos adalah herbivora, memakan buah, daun muda, dan bunga. They scrape green material from the surface of leaves with their lower incisors, using their tongue, which is very large, and incisors to pick the leaves. Mereka bahan mengikis hijau dari permukaan daun dengan gigi seri yang lebih rendah, menggunakan lidah mereka, yang sangat besar, dan memilih gigi seri daun. Like many other herbivores, they have a greatly elongated intestine and a very large cecum. Seperti herbivora lainnya, mereka memiliki sangat panjang usus dan sekum yang sangat besar. The cecum, a sac located at the junction of large and small intestines, is divided into compartments, which harbor microorganisms that break down indigestible cellulose into components that the animal can assimilate. Ini sekum, kantung yang terletak di persimpangan usus besar dan kecil, dibagi ke dalam kompartemen, yang pelabuhan mikroorganisme yang memecah selulosa dicerna menjadi komponen-komponen yang dapat mengasimilasi binatang. Colugos are nocturnal, passing the day in dens in hollow trees or suspended from branches. Colugos aktif di malam hari, melewati hari di sarang-sarang dalam pohon berlubang atau ditangguhkan dari cabang-cabang. They hang upside down while feeding and travelling along branches. Mereka menggantung terbalik saat menyusu dan bepergian bersama cabang.
The order Dermoptera contains a single family, the Cynocephalidae, which is made up of a single genus ( Cynocephalus ) with two species. Urutan Dermoptera berisi keluarga tunggal, Cynocephalidae, yang terdiri dari genus tunggal (cynocephalus) dengan dua spesies. Colugos are found in southeastern Asia, including the southern Philippines. Colugos ditemukan di Asia tenggara, termasuk Filipina selatan.

Kurikulum Biologi Kelas XIII

Kurikulum Biologi Kelas XIII
Standar Kompetensi 1 :
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar :
1. Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
2. Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
3. Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

Standar Kompetensi 2 :
Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
1. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
2. Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
3. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
Standar Kompetensi 3 :
Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar :
1. Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
2. Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
3. Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
4. Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Kurikulum Biologi Kelas IX
Standar Kompetensi 1 :
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar :
1. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
2. Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
3. Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
1. Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan
2. Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
3. Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
4. Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan







Kurikulum Biologi Kelas VII
Standar Kompetensi 1 :
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar :
1. Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
2. Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
3. Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

Standar Kompetensi 2 :
Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
1. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
2. Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
3. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
Standar Kompetensi 3 :
Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar :
1. Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
2. Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
3. Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
4. Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

ARTIKEL PENDIDIKAN

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN IPA DI INDONESIA
Kurikulum IPA di SMP dirancang sebagai pembelajaran ynag berdimensi
pada kompetensi , sebab IPA memiliki peran penting sebagai dasar pengetahuan
untuk mengungkap kejadian alam. Peningkatan mutu pendidikan berperan dalam
menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Manusia yang dapat berpikir kritis,
kreatif logis dan berinisiatif dalam menaggapi isu di lingkungan kita.
Selama ini pembelajaran sains kurang berhasil meningkatkan kompetensi
siswa. Model pembelajaran, materi sains, dan praktiknya sudah banyak yang
dipelajari secara mendalam. Pembelajaran seperti ini sudah dijalankan tapi banyak
siswa yang menganggap bahwa sains itu sulit.
Sampai saat ini belum tampak hasil diklat yang dilakuakn oleh guru.
Kemampuan belajar sains disekolah tidak meningkat. Hal ini bukan karena guru
tidak menguasai konsep atau kurang menguasai model pembelajaran, namun
lemahnya pengetahuan mengenai sains yang dimiliki siswa. Kompetensi ilmiah yang
ditingkatkan pada siswa di Indonesia hanya kemanpuan berpikir dengan konsep
sains. Pengetahuan sains tidak diintegrasikan dalam kompetensi spesifik.
Tahun 2007 pemerintah mengeluarkan kurikulum yaitu KTSP (Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan). Kurikulum ini dirancang untuk menghasilkan lulusan
yang kompeten memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan nilai-nilai dasar yang
direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Pokok pembelajaran IPA
dalam KTSP memiliki materi yang memuat objek, tingkat organisasi objek,tema atau
persoalan. Aspek biologi, IPA mengkaji berbagai persoalan yang berkaitan dengan
fenomena pada makhluk hidup. Pada aspek fisis, IPA memfokuskan pada benda tak
hidup, sedang untuk aspek kimia IPA mengkaji berbgai fenomena baik makhluk
hidup maupun benda tak hidup.
Seluruh tema dan persoalan IPA pada berbagai jenis objek dan tingkat
organisasi sebaiknya dikaji secara utuh atau terpadu. Hal ini dilakukan supaya siswa
tahu dan mengenal tentang kebulatan IPA. Menurut Piaget siswa SMP berada pada
tahap transisi dari fase konkrit ke fase operasi formal. Maka diharapkan sudah mulai
dilatih untuk berpikir abstrak dan mengenal IPA secara terpadu.
Pembelajaran IPA terpedu merupakan pembelajaran bermakna yang
memungkinkan siswa menerapkan konsep – konsep. Selain itu mendorong siswa
untuk berpikir tinggi dan tanggap terhadap linkungan . Landasan filosofis
pembelajaran IPA terpadu ialah filsafat Pendidikan Progresivime. Progresivisme
adalah pendidikan yang berpusat pada siswa dan memberi penekanan kreatifitas,
aktifitas belajar, hasil belajar dan pengalaman.
Ciri pembelajaran IPA adalh dimulai dengan pertanyaan atau masalah
kemudian dilanjutkan dengan arahan guru untuk mendapat informasi dan
mengkonfirmasikan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki. Siswa supaya tahu apa
yang semestimya diketahui sehingga siswa dapat menemukan jawaban dari masalah
itu sendiri. Di Indonesia masih banyak guru yang memberikan materi persis seperti
yang ada pada buku dan siswa tidak aktif. Hal ini menyebabakan ketrampilan yang
dimiliki siswa hanyalah ingatan saja tanpa melaui proses dalam menemukan fakta.
Mutu pendidikan sains di Indonesia perlu dikembangkan. Sebab IPA
berperan penting dalam menghasilkan peserta didik yang berpikir kritis, kreatif dan
berinisiatif. Apabila Indonesia mampu menghasilkan peserta didik yang demikian
maka Indonesia akan lebih maju. Menurut tes DISA tahun 2003 menunjukna siswa
Indonesia menduduki peringkat ke 38 dari 41 negara dalam pengetahuan sainsnya.
Kurikulum KTSP merupakan salah satu langkah dari pemerintah untuk
memajukan pengetahuan sians yang juga untuk menjawab persoalan – persoalan
global. Sampai saat ini pendidikan nasional belum melahirkan guru khusus IPA
melainkan guru biologi, kimia dan fisiska sehingga pembelajaran IPA di SMP masih
terpisah (belum terpadu).
THIS IS ME by Demi Lovato
I've always been the kind of girl
That hid my face
So afraid to tell the world
What I've got to say
But I had this dream
Right inside of me
I'm going to let it show
It's time
To let you know
To let you know

This is the real, this is me
I'm exactly where I'm supposed to be now
Gonna let the light
Shine on me
Now I found
Who I am
There's no way to hold it in
No more hiding who I want to be
This is me

Do you know what it's like to feel so in the dark
To dream about a life where you're the shining star
Even though it seems
Like it's to far away
I have to believe in myself
It's the only way

This is the real, this is me
I'm exactly where I'm supposed to be now
Gonna let the light
Shine on me
Now I found
Who I am
There's no way to hold it in
No more hiding who I want to be
This is me

You're the voice I hear inside my head
The reason that I'm singing
I need to find you
I gotta find you
You're the missing piece I need
The song inside of me
I need to find you
I gotta find you
This is the real, this is me
I'm exactly where I'm supposed to be now
Gonna let the light
Shine on me
Now I found who I am
There's no way to hold it in
No more hiding who I want to be

This is me
You're the missing piece I need
The song inside of me
This is me
You're the voice I hear inside my head
The reason that I'm singing

Now I found who I am
There's no way to hold it in
No more hiding who I want to be
This is me

One and the same by demi lovato

Hey! Hey! Hey!
La-la-la-la-la
Hey! Hey! Hey!
La-la-la-la-la

You come from here, I come from there
You rock out in your room, I rock the word premiere
We’re more alike than anybody can ever tell (ever tell)
Friday we’re cool, Monday we’re freaks
Sometimes we rule, sometimes we can’t even think
But we can get out, let loose, and LOL (LOL)

It may seems cliché for me to wanna say
That you’re not alone
And you can call me uncool
But its a simple fact
I’ve got you back
Yeah, yeah, yeah

Cuz we’re one and the same
We’re anything but ordinary
One and the same
I think we’re almost legendary
You and me, the perfect team
Chasing down the dream
We’re one and the same!
Hey! Hey! Hey!

One in the same
We’re anything but ordinary
One in the same
I think we’re almost legendary
You and me, The perfect team
Shaking at the scene
We’re one in the same!
Hey! Hey! Hey!

I’m kind of like you
You’re kind of like me
We’re in the same song
And a different key
It’s got a rhythm that you and can get along (get along)

It may seems cliché for me to wanna say
For me to wanna say
That you’re not alone
And you can call me uncool
But its a simple fact
I still got you back
Yeah, yeah, yeah

Cuz we’re one and the same
We’re anything but ordinary
One and the same
I think we’re almost legendary
You and me, the perfect team
Shaking up the scene
We’re one and the same!
Hey! Hey! Hey!

Cuz we’re one and the same
We’re anything but ordinary
One and the same
We’re so good momen-momentary
Cuz we’re one
Yeah, yeah…
Cuz we’re one
Yeah, yeah…
We’re anything but ordinary
You and me, the perfect team
Chasing down the dream
You and me, the perfect team
Shaking up the scene
One and the same
Hey! Hey!



Our Time Is Here – Demi Lovato
We’re done but it’s not over
We’ll start it again
Out to the end of the day
It keeps getting better
Don’t be afraid
we’ll do it together
Come on
come on
You know
It’s your time to move
It’s my time move
Come on
Come on
Let go
Leave it all behind
Your past and mind
Gone are the days of summer
We couldn’t change it if we tried
Why would we want to
Let’s go where we got to
Our paths will cross again in time
It’s never the same tomorrow
And tomorrow’s never clear
So come on
come on
You know
Our time
Our time is here
We know but we’re not certain
How can we be
How can we see what’s ahead
The road keeps on turning
And all we can do is travel each day to the next
Come on
come on
You know
It’s your time to move
It’s my time move
Come on
Come on
Let go
Leave it all behind
Your past and mind
Gone are the days of Summer
We couldn’t change it if we tried
Why would we want to
Let’s go where we got to
Our paths will cross again in time
It’s never the same tomorrow
And tomorrow’s never clear
So come on
come on
You know
Our time
Our time is here
Yeah! Yeah!
Come on
Come on
Come on
Our time is here
Gone are the days of summer
We couldn’t change it if we tried
So come on
Come on
Come on
Come on
Come on
Come on
So come on
come on
You know
Our time
Our time is here


Lirik Zivilia - Aishiteru
________________________________________


Menunggu sesuatu yang sangat menyebalkan bagiku
saat ku harus bersabar dan trus bersabar
menantikan kehadiran dirimu
entah sampai kapan aku harus menunggu
sesuatu yang sangat sulit tuk kujalani hidup dalam kesendirian sepi tanpamu
kadang kuberpikir cari penggantimu
saat kau jauh disana
ooo…

*)
Gelisah sesaat saja tiada kabarmu kucuriga
entah penantianku takkan sia-sia
dan berikan satu jawaban pasti
entah sampai kapan aku harus bertahan
saat kau jauh disana rasa cemburu
merasuk kedalam pikiranku melayang
tak tentu arah tentang dirimu
apakah sama yang kau rasakan

reff:
walau raga kita terpisah jauh
namun hati kita selalu dekat
bila kau rindu pejamkan matamu
dan rasakan a a a aku
kekuatan cinta kita takkan pernah rapuh
terhapus ruang dan waktu
percayakan kesetiaan ini
akan tulus a a ai aishiteru

Bridge:
hapus sendiri pikiran melayang terbang
perasaan resah gelisah
jalani kenyataan hidup tanpa gairah
o…uo..
banyak segala misi dan ambisimu
akhiri semuanya cukup sampai disini
dan buktikan pengorbanan cintamu untukku
kumohon kau kembali

kembali ke *)

How will i be by demi lovato

Whoa! Yeah yeah yeah yeah

How to choose
Who to be
Well let's see
There's so many choices now.
Play guitar, be a movie star.
In my head, a voice says
Why not try everything?
Why stop? Reach for any dream
I can rock, cause it's my life
And now's the time

Who will I be?
It's up to me
All the never ending possibilities
That I can see
There's nothing that I can't do
Who will I be?
Yes, I believe
I get to make the future what I want to
If I can become anyone and know the choice is up to me
Who will I be?

Yeah yeah...

If I decide,
I'm the girl to change the world
I can do it any time.
Opportunity right in front of me
And the choice is all mine

Why not try everything?
Why stop? reach for any dream
I can rock, cause it's my life.
And now's the time

Who will I be?
It's up to me
All the never ending possibilities
That I can see
There's nothing that I can't do
Who will I be?
Yes, I believe
I get to make the future what I want to
If I can become anyone and know the choice is up to me
Who will I be?

I wanna find the who I am inside.
Who will I be?
I wanna show the, the way that I can shine...
Yeah... Oh yeah... yeah...

Who will I be
It's up to me
All the never ending possibilities
That I can see
There's nothing that I can't do
Who will I be
Yes, I believe
I get to make the future what I want to
If I can become anyone and know the choice is up to me(yeah)
Who will I be?

Whoo, who will I be?
Who will I be!


Taylor Swift feat. Jonas Brothers - Should've Said No
t's strange to think
The songs we used to sing
The smiles, the flowers, everything
Is gone
Yesterday I found about you
Even now, just lookin' at you
Feels wrong

You say that you'd take it all back
Give you one chance
It was a moment of weakness
And you said yes

You should've said no
You should've gone home
You should've thought twice
'Fore you let it all go
You should've known that word
That what you did with her
Would get back to me
(Get back to me)
And I should've been there
In the back of your mind
I shouldn't be askin' myself why
You shouldn't be beggin'
For forgiveness at my feet
You should've said no, baby
And you might still have me

You can see that I've been cryin'
Baby, you know
All the right things to say
But do you honestly
Expect me to believe
We could ever be the same?

You say the past is the past
You need one chance
It was a moment of weakness
And you said yes

You should've said no
You should've gone home
You should've thought twice
'Fore you let it all go
You should've known that word
That what you did with her
Would get back to me
(Get back to me)
And I should've been there
In the back of your mind
I shouldn't be askin' myself why
You shouldn't be beggin'
For forgiveness at my feet
You should've said no, baby
And you might still have me

I can't resist
Before you go, tell me this
Was it worth it?
Was she worth this?
No, no, no, no, no, no

You should've said no
You should've gone home
You should've thought twice
'Fore you let it all go
You should've known that word
That what you did with her
Would get back to me
(Get back to me)
And I should've been there
In the back of your mind
I shouldn't be askin' myself why
You shouldn't be beggin'
For forgiveness at my feet
You should've said no, baby
And you might still have me